Resep Samba Lado Tanak (daun singkong) yang Bikin Ngiler

Masakan Padang - 12 May 2020, By admin

Samba Lado Tanak (daun singkong) Masukan daun singkong, masak sambil sesekali diaduk sampai santan menyusut dan bumbu meresap (hampir menyerupai. Padahal sambalado tanak yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Samba lado tanak diolah dari bahan-bahan cabe yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai, ditambah rempah-rempah lainnya, kemudian semua bahan-bahan tersebut dimasak dalam kuali dengan api dari bahan bakar kayu.

Cara membuat Samba Lado Tanak (daun singkong) sebetulnya mirip dengan pembuatan Samba Lado Tanak (daun singkong) pada umumnya. Namun perbedaan dari Samba Lado Tanak (daun singkong) terdapat pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Samba Lado Tanak (daun singkong) ? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Samba Lado Tanak (daun singkong) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat menggugah selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Samba Lado Tanak (daun singkong), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan samba lado tanak (daun singkong) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat samba lado tanak (daun singkong) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Samba Lado Tanak (daun singkong) memakai 17 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Udang Ala Minang yang Enak Banget

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Samba Lado Tanak (daun singkong):

  1. Sediakan daun singkong.
  2. Siapkan teri kering.
  3. Gunakan santan kara 60 ml.
  4. Sediakan air.
  5. Sediakan garam.
  6. Siapkan Bumbu Halus:.
  7. Gunakan kunyit.
  8. Gunakan jahe.
  9. Siapkan bawang merah.
  10. Sediakan bawang putih.
  11. Sediakan kemiri.
  12. Gunakan cabe besar.
  13. Ambil cabe kecil.
  14. Gunakan Bumbu Cemplung:.
  15. Sediakan daun jeruk.
  16. Siapkan daun salam.
  17. Siapkan lengkuas (iris kecil).

Hasil akhirnya mirip kalio namun dengan rasa yang lebih pedas dan warna minyaknya yang kemerahan. Resep sambal lado tanak khas sumatra barat. Ayokitamasak – Sambal ladotanak adalah sambal pelengkap pada masakan khas minang, Sambal lado tanak terbuat darisambal yang dimasak dengan bahan-bahan tertentu, bahan yang biasanya digunakan adalah ikan teri, telur, terung, petai dll , tiap daerah di Sumatra barat memiliki sambal lado tanak versinya sendiri. Menyantap sambalado tulang akan semakin nikmat jika dilengkapi dengan rebusan daun singkong dan telur dadar.

Langkah-langkah membuat Samba Lado Tanak (daun singkong):

  1. Rebus 2 ikat daun singkong hingga matang, tiriskan dan peras hingga tdk ada airnya..
  2. Cuci segenggam ikan teri kering hingga bersih (boleh ditambah pete ato jengkol ato yg lainya sesuai selera)..
  3. Haluskan: 4 cm kunyit, 2 cm jahe, 6 buah cabe rawit gede, 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 butir kemiri, kalo mau pedes boleh ditambah cabe kecil 👌.
  4. Tumis bumbu halus dg sedikit minyak, masukkan bumbu cempung: 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, dan 3 cm lengkuas. Tumis hingga bumbu dan minyaknya terpisah..
  5. Tambahkan 1200 ml air, 1 bungkus santan kara (60 ml), dan secukupnya garam. Koreksi rasa, bila udah pas masukkan daun singkong yg sudah ditiriskan tadi dan ikan teri..
  6. Masak hingga bumbu meresap dan matikan api. Happy trying 🤗.
Baca Juga :  Resep Gulai Daging Kambing yang Enak

Tambah lagi jika makan bersama di gubuk tengah sawah, diiringi embusan angin sejuk penggunungan. Selain menjadi makanan favorit, menu yang satu ini selalu menjadi alasan warga nagari untuk berkumpul. Resep Samba lado tanak (khas sumatra barat). Lihat juga resep Samba Lado Tanak Telur Puyuh dan Teri (Kuliner Minang) enak lainnya. Samba Lado Tanak (daun singkong) Samba Lado Tanak, salah satu makanan khas Minang yg uda lamaaa pengen buat, tapi baru sekarang kesampean 🥥🌶 🍅.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat samba lado tanak (daun singkong) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih tante Dian yang telah sudi share Samba Lado Tanak (daun singkong) semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di praktekan bisa untuk acara pesta atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke teman melalui media sosial , misalnya twiter

Resep Samba Lado Tanak (daun singkong) yang Bikin Ngiler | admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *