Bagaimana Membuat Coto Makassar, Enak Banget

Soto - 6 November 2020, By admin

Coto Makassar

Pembuatan Coto Makassar sesungguhnya sama dengan pembuatan Coto Makassar pada umumnya. Namun perbedaan dari Coto Makassar terdapat pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Coto Makassar ? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Coto Makassar yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa menggugah selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Coto Makassar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan coto makassar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah Coto Makassar yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Coto Makassar memakai 27 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Coto Makassar:

  1. Ambil Bumbu Halus yang di tumis :.
  2. Sediakan 5 ikat serai (1 kg).
  3. Ambil 1 kg lengkuas.
  4. Sediakan 1/4 Bawang Merah.
  5. Siapkan 1/4 Bawang putih.
  6. Sediakan Lada.
  7. Siapkan Pala di geprek.
  8. Sediakan Jinten.
  9. Ambil Ketumbar sangrai.
  10. Ambil Garam.
  11. Sediakan Masako.
  12. Sediakan Gula.
  13. Sediakan daun salam.
  14. Ambil 1 kg Kacang Tanah.
  15. Sediakan Jeroan Sapi (daging, hati, jantung, limpa, babat, usus, lidah).
  16. Ambil Minamyak goreng secukupnya untuk menumis.
  17. Sediakan Bahan Sambel :.
  18. Siapkan 1 ons Cabe rawit.
  19. Siapkan Bawang merah.
  20. Siapkan Bawang putih.
  21. Ambil Garam.
  22. Siapkan Bahan Pelengkap :.
  23. Gunakan Tupat.
  24. Sediakan Buras.
  25. Ambil Daun bawang di iris tipis.
  26. Ambil Bawang goreng.
  27. Siapkan jeruk nipis.
Baca Juga :  Resep Soto Lamongan dan koya, recook resep mba Dian Ayu Puspita Sari, Bisa Manjain Lidah

Langkah-langkah membuat Coto Makassar:

  1. Rebus daging dan jeroan dalam panci, tambahkan air secukupnya, serei 2 batang di geprek, lengkuas 2 ruas digeprek, daun salam, garam, rebus sampai daging dan jeroannya lembek.. kemudian di potong kotak2 sesuai selera..
  2. Haluskan sereh yang sudah di iris tipis, lengkuas, bawang merah bawang putih.. tumis hingga harum dan berubah warna, tambahkan lada, ketumbar yg sdh di sangrai dan jinten halus…
  3. Sangrai kacang tanah, buang kulitnya dan di tumbuk sampai halus (saya pakai blender).
  4. Rebus air dalam panci besar untuk membuat kuah coto, rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu yang sudah di tumis tadi, kacang yg sdh dihaluskan, tambahkan garam, gula dan penyedap rasa (masako) sesuai selera.. masak lg sampai kuahnya mendidih. untuk kuahnya saya ambil sebagian dr kaldu daging dan jeroan yang direbus..
  5. Jadi deeeeeh… tinggal tambahkan pelengkapnya seperti bawang goreng, daun bawang,.buras atau tupat…
  6. Ini resepnya saya buat banyak karena untuk open house drumah waktu lebaran kmren, jeroan dan dagingnya kurang lbh kmren 6 kg.. jadi yang mau buat porsi sedikit di sesuaikan saja yah.. soalnya saya kalo masak pake feeling aja😂😂 jd g pernah takar seberapa banyak bumbu yang dipake…
  7. Selamat mencoba… Taqaballahu mina wa minkum.. mohon maaf lahir batin yah..🤗🤗🤗.
  8. Hampir lupa untuk sambelnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tumis sampai berubah warna,.masukin garam dan gula.j.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat coto makassar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih bunda Angga yang telah mau berbagi Coto Makassar semoga bermanfaat untuk kita semua , silahkan di praktekan bisa untuk acara pesta atau apa saja , jangan lupa untuk berbagi ke teman melalui media sosial , misalnya ig

Baca Juga :  Resep 6. Soto Daging yang Enak
Bagaimana Membuat Coto Makassar, Enak Banget | admin | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *